You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Batukarut
Desa Batukarut

Kec. Arjasari, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Desa batukarut   www.batukarut.desa.id   HAYU URANG NGAWANGUN DESA BATUKARUT SING NGAJADI DESA NU MAJU, MANDIRI, TUR BERDAYA SAING -- selengkapnya...

Kegiatan Muludan Situs Kabuyutan

YAYAN CAHYADI 11 November 2019 Dibaca 1.496 Kali
Kegiatan Muludan Situs Kabuyutan

Senin, tgl 11 november 2019, bertempat di cagar budaya situs kabuyutan Batukarut - Lebakwangi dilaksanakan kegitan rutin yang menjadi tradisi masyawarakat (seuweu siwi) Desa Batukarut -Lebakwangi, dimana dalam acara teraebut seluruh keturunan warga Desa Batukarut berkumpul di Situs Kabuyutan selain untuk menyambut maulid Nabi Muhammad SAW, juga dalam rangka mempererat tali silahturahmi seluruh keturunan warga Desa Batukarut-Lebakwangi.
Dalam acara muludan teraebut tentunya ada beberapa acara ritual yang memang sudah bisa dilaksanakan seperti penampilan goong renteng Mbah Bandong, yang merupakan salah satu peninggalan cagar budaya Situs Kabuyutan, juga dilaksanakan acara ngarumat (memandikan/membersihkan) barang-barang pusaka lainya yang berupa senjata seperti kujang, golok, pedang dan lain-lain.
Kegiatan ini memang merupakan adat budaya yang menjadi tradisi masyarakat Desa Batukarut-Lebakwangi, inti dari acara ini adalah mempererat silahturahmi diantara masyarakat Desa Batukarut-Lebakwangi kec Arjasari yang memang satu keturunan. Mudah2 an dengan acara yang menjadi tradisi ini dan bisa dilaksanakan tiap tahun, dan menjadi salah satu destinasti wisata budaya karwna banyak sekali warga luara termasuk dari rekan media yang meliput acara ini.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image