You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Batukarut
Desa Batukarut

Kec. Arjasari, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Desa batukarut   www.batukarut.desa.id   HAYU URANG NGAWANGUN DESA BATUKARUT SING NGAJADI DESA NU MAJU, MANDIRI, TUR BERDAYA SAING -- selengkapnya...

Grup Kesenian SAKANCA Desa Batukarut

YAYAN CAHYADI 23 Februari 2019 Dibaca 1.635 Kali

Batukarut, 22 Februari 2019

Desa Batukarut Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, selain mempunyai potensi di bidang UKM dimana terdapat produk-produk unggulan yang bisa menjadi salah satu khas di Desa Batukarut, dalam hal kesenian dan kebudayaan Desa Batukarut cukup banyak memiliki grup kesenian, seperti Kuda renggong, pencaksilat, calung, daong-daong, seni tari dan yang lainnya.

Kami akan membahas salah satu grup kesenian yang ada di Desa Batukarut, Yaitu Kelompok/sanggar seni "SAKANCA" yang terdapat Sirnasari RT 01/04 Desa Batukarut, yang dipimpin oleh Bapak Rudi selaku penanggung jawab.

Sanggar seni ini cukup banyak memiliki siswa didik, yang rata-rata berusia belia Atau masih anak-anak. Suatu hal yang membanggakan khusunya bagi Pemerintahan Desa Batukarut mempunyai grup kesenian ini, selain melatih kesenian tradisional sunda, juga seni tari lainnya, yang menjadikan Sanggar seni ini cukup diminati oleh masyarakat. Bahkan kebanyakan siswa didik di sanggar ini adalah kebanyakan dari orang luar Desa Batukarut, selain tentunya Warga masyarakat Desa Batukarut itu sendiri.

Kegiatan yang dilakukan sanggar seni SAKANCA ini, memfokuskan  melatihan kepada anak-anak usia 4 s/d 12 tahun, yang diharapkan tentunya akan menjadi generasi penerus dalam pelestarian tari khususnya kesenian seni sunda.

Bahkan sudah sering para siswa didik di grup ini mengikuti festival, mewakli Desa Batukarut dalam pagelaran seni yang diadakan, baik tingkat kabupaten bahkan provinsi, dan bahkan beberapa kali perwakilan siswa didik ini mendapatkan juara dan penghargaan.

Suatu kegiatan seni yang pantas diapresiasi dan dikembangkan, tentunya Pemerintah Desa Batukarut berharap kepada dinas-dinas terkait dalam hal ini bisa memberika fasilitas untuk pengembangan kelompok/sanggar seni "SAKNCA" baik  berupa peralatan atau dana bantuan lainnya. (Herny)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image