Selamat Datang di Website Desa batukarut   www.batukarut.desa.id   HAYU URANG NGAWANGUN DESA BATUKARUT SING NGAJADI DESA NU MAJU, MANDIRI, TUR BERDAYA SAING -- selengkapnya...  

KERJA BAKTI WARGA DESA BATUKARUT

Admin 02 Februari 2020 08:08:57 Berita Lokal

Batukarut, 02 Februari 2020

Warga masyarakat Desa Batukarut pada hari ini turun langsung untuk bekerja bakti di wilayah Desa Batukarut. Dimana kegiatan kerja bakti ini bertujuan untuk membuat wilayah Desa Batukarut semakin rapi, bersih dan sehat lingkungan.

Jika dilihat sekilas, kerja bakti tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya tersebut, kerja bakti menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Nilai-nilai positif dalam kerja bakti antara lain:

1. Kebersamaan

Kerja bakti mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan kerja bakti, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama. 

2. Persatuan

Kebersamaan yang terjalin dalam kerja bakti sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 

3. Rela Berkorban

Kerja bakti mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama. 

4. Tolong Menolong

Kerja bakti membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam kerja bakti, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain. 

5. Sosialisasi

Di era modern, kehidupan masyarakat cenderung individualis. Kerja bakti dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. Kerja baktimembuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung