You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Batukarut
Desa Batukarut

Kec. Arjasari, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Selamat Datang di Website Desa batukarut   www.batukarut.desa.id   HAYU URANG NGAWANGUN DESA BATUKARUT SING NGAJADI DESA NU MAJU, MANDIRI, TUR BERDAYA SAING -- selengkapnya...

KERJA BAKTI WARGA DESA BATUKARUT

YAYAN CAHYADI 02 Februari 2020 Dibaca 1.467 Kali
KERJA BAKTI WARGA DESA BATUKARUT

Batukarut, 02 Februari 2020

Warga masyarakat Desa Batukarut pada hari ini turun langsung untuk bekerja bakti di wilayah Desa Batukarut. Dimana kegiatan kerja bakti ini bertujuan untuk membuat wilayah Desa Batukarut semakin rapi, bersih dan sehat lingkungan.

Jika dilihat sekilas, kerja bakti tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya tersebut, kerja bakti menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Nilai-nilai positif dalam kerja bakti antara lain:

1. Kebersamaan

Kerja bakti mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan kerja bakti, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama. 

2. Persatuan

Kebersamaan yang terjalin dalam kerja bakti sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 

3. Rela Berkorban

Kerja bakti mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Masyarakat rela mengesampingkan kebutuhan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama. 

4. Tolong Menolong

Kerja bakti membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam kerja bakti, selalu dapat memberikan pertolongan dan manfaat untuk orang lain. 

5. Sosialisasi

Di era modern, kehidupan masyarakat cenderung individualis. Kerja bakti dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. Kerja baktimembuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya. 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image